Kamis, 15 Juli 2010

Film Buatan Pelajar

Judul asli : Nonton Film-Film Buatan Pelajar Indonesia,Yuk

JAKARTA - Para pelajar Indonesia pecinta dan pegiat film kini telah memiliki berbagai wadah untuk menyalurkan kebisaan mereka. Salah satunya adalah Festival Film Pelajar Indonesia 2010. Acara ini dihelat Pusat Pengembangan Media Alternatif
Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (PPMA FFTV IKJ), Yayasan Wahana Audio Visual Indonesia (Yayasan WAVI) dan FilmPelajar.com. Rangkaian festival akan berlangsung pada 11-13 Juni 2010 di ArtCinema FFTV IKJ.

Seperti dikutip dari FilmPelajar.com di Jakarta, Sabtu (5/6/2010), Festival Film Pelajar Indonesia 2010 diselenggarakan dalam rangka menyambut 40 Tahun IKJ. Ajang ini sejatinya merupakan forum silaturahmi untuk menumbuhkembangkan komunitas dan karya film pelajar Indonesia.

Festival Film Pelajar Indonesia diharapkan menjadi ruang apresiasi dan ekshibisi hasil kreativitas pelajar Indonesia di bidang seni film. Lewat festival ini para pelajar juga bisa belajar bersama memahami dan menggunakan seni film sebagai alat ekspresi, komunikasi dan pendidikan serta sebagai ajang untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan keterampilan pembuatan film.

Para peserta festival adalah pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP, MTS) dan Atas/Kejuruan (SMA, SMK, MA) serta yang sederajat se-Indonesia. Mereka bisa membuat film dalam lima kategori yaitu fiksi (live shooting-action), animasi, dokumenter, iklan layanan masyarakat (ILM), dan video musik, dengan tema Indonesiaku Kebanggaanku.

Dewan juri yang terdiri dari pembuat film profesional, perwakilan dari FFTV IKJ, dan perwakilan dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan memilih lima nominasi terbaik untuk tiap kategori untuk kemudian ditentukan satu pemenang.

Selain itu, Dewan Juri akan memilih seorang sutradara terbaik untuk diberikan beasiswa studi film secara penuh pada tahun pertama di Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta.

Sumber berita : www.okezone.com